Senin, 05 Oktober 2020

Ulasan tentang Desain dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 8

Ulasan tentang Desain dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 8 - Pada bulan Oktober lalu, Redmi meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia yaitu Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Kini sub brand Xiaomi kembali menghadirkan perangkat barunya, yakni Redmi 8 dan Redmi 8A. Dua smartphone baru Redmi akan menyasar segmen di bawah seri Note. Pasalnya, Redmi 8 mengusung spesifikasi lebih rendah dibanding seri Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro.

Ulasan tentang Desain dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 8

Kelengkapan Redmi 8

Faktor kelengkapan membuka review untuk smartphone irit Xiaomi Redmi 8 ini. Kelengkapan menjadi penting karena konsumen sering melihat aksesoris yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Mulai dari boks, tidak ada yang istimewa dari desain bungkus luar Redmi 8. Desain boksnya berwarna putih cerah, tak jauh beda dengan seri Redmi Note 8.

Kotaknya cukup kuat dengan bahan karton yang cukup tebal. Di bagian belakang boks penjualan terdapat beberapa informasi penting termasuk spesifikasi perangkat yang bersangkutan. Kelengkapan smartphone Redmi 8. Selanjutnya, ketika boksnya dibuka, kami menemukan handset dan aksesoris Redmi 8 tertata rapi.

Selain handset, ada juga sub-box penyimpanan kecil yang berisi jelly case tambahan untuk perlindungan perangkat. Ada juga manual untuk menggunakan perangkat bersama dengan kartu garansi, serta ejector SIM. Di bagian bawah box terdapat perangkat pendukung lainnya, seperti kabel konektor power dan transfer data Type-C beserta kepala charger.

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada aksesori lain yang menjadi kelengkapan penjualan Redmi 8. Earphone tidak disertakan dalam kotak pembelian Redmi 8. Hal ini mungkin dilakukan untuk menekan harga agar harga perangkat menjadi ekonomis. Tak heran, Xiaomi kerap tak menyediakan earphone untuk perangkat iritnya, termasuk produk Redmi Note 8.


Bagaimana tentang Desain dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 8?

 

Rancangan

Desain keseluruhan Redmi 8 memang 'seksi'. Perangkat tersebut mengusung desain unibody yang dikemas dari bahan plastik glossy dengan gradasi warna yang menjadikannya tampil cantik dan elegan. Ukurannya pun pas di tangan, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Sedangkan perangkat yang kami ulas memiliki desain berwarna merah.

Xiaomi menyebutnya merah ruby. Pilihan warna Redmi 8 lainnya adalah biru safir dan hitam onyx. Semua warna menawan dan berkilau. Anda bisa memilih sesuai selera. Namun yang perlu diperhatikan, bodi mengkilap khas smartphone masa kini memiliki kekurangan karena mudah kotor.

Sidik jari tangan mudah menempel di badan. Untungnya, Xiaomi menyediakan jelly case di kotak pembeliannya. Jadi, pelindung case harus selalu dipasang di ponsel. Redmi 8 memiliki desain samping yang agak melengkung di bagian belakang. Cukup untuk membantu pegangan yang lebih baik. Di bagian belakang, Xiaomi memasang kamera ganda dengan susunan vertikal di tengah.

Terdapat sedikit tonjolan di bagian samping kamera, namun tidak mengganggu tampilan. Fungsinya mungkin untuk mencegah gesekan langsung antara mata kamera dengan benda keras. Di bawah kamera utama terdapat sensor sidik jari atau sidik jari mungil. Ada juga tulisan Redmi sebagai identitas.

Kemudian di sektor layar, Redmi 8 mengusung layar IPS LCD dengan desain notch atau dot drop di bagian atas. Gayanya kurang lebih mirip dengan perangkat sebelumnya, Redmi 7. Di area notch terdapat kamera selfie dan earpiece alias speaker untuk keperluan menelpon. Menurut Xiaomi Redmi 8 , ada Mode Membaca 2.0. Kemudian untuk melindungi mata penggunanya, Xiaomi memberikan perlindungan cahaya biru yang telah disertifikasi.